Laman

Tips Memperlancar Bahasa Inggris

4 komentar


Kali ini saya akan memberikan sebuah tips utuk yang berada pada jurusan bahasa inggris maupun umum dalam memperlancar speaking. Actually this is based on my adventure dan membuahkan hasil yang enjoyable, setelah "menimbang dan memutuskan" maka saya pun membagi-bagikan kepada anda. Sebelum itu yang harus anda ketahui bahwa dalam speaking ada 3 faktor yang menunjang keberhasilan yaitu kosa kata (vocabulary), lafal (Pronunciation) dan pengetahuan (knowledge), ketiga ini bersifat "simbosis mutualisme" jika tidak terdapat salah satunya makan you will destroy. Termasuk juga kesalahan terbesar dalam berbicara adalah terlalu fokus kepada grammar, saya yakin anda akan terasa sangat sulit jika ingin mendapatkan keidealitas bahasa, yang jelas selama lawan bicara anda dapat mengerti maksud dari percakapan kita, itu sudah sangat cukup. 

So tipsnya di bawah ini : 

Anda harus menambah kosa kata minimal 5 (versi standar saya, boleh di tambah) 

* Mari kita berhitung, jika anda menghafal 5 kosa kata dalam sehari kemudian di kalikan sebanyak 360 hari maka hasilnya 1800 kosa kata, jadi anda bayangkan saja kalau 4 tahun ke depan, insyaallah anda sudah mampu speaking bukankah ini awesome sisanya hitung saja sendiri. Pilihkah kosa kata dari bacaan atau artikel inggris, So lanjutkan!!

Setelah itu siapkan satu buku (buku tulis atau diary terserah!!) 

Tapi jangan di free mixing, Kemudian anda bagi menjadi 4 kolom 

Kolom pertama anda tulis "ENGLISH" (Kosa kata bahasa inggrisnya)
Kolom kedua "SOUNDS" (lafal dari kosa kata)
Kolom ketiga "MEANING" (Terjemahan kosa kata bahasa inggris)
Kolom keempat "CATEGORY" (Maksudnya apakah kosa kata itu kata benda, kata kerja, idiom, frase dll) 

Sebenarnya tergantung dari anda mau menamakan kolom itu apa, tidak ada patokan yang pasti.

Untuk anda yang bukan jurusan bahasa inggris atau bisa di katakan umum, anda lakukanlah hal yang sama seperti di atas, tapi khusus pada kolom ke empat anda boleh hilangkan ataupun tidak.

*by the way ide saya ini tiba-tiba "kambuh" disebabkan ketidaksukaan saya menempel kertas di dinding, di lemari atau di mana saja yang berisi kosa kata karena dirty dan untidy. Jadi bagi anda yang tingkat kebersihannya tinggi silahkan memakai buku kalau tidak silahkan "tempel-tempel."

Walaupun sebagaian orang melakukannya tapi semua ini tergantung dari "hak prerogratif" anda dalam menentukan "nasib" sendiri. Peluang untuk lupa pada kosa kata sebelumnya itu memang ada jadi buku itu harus berada di samping anda terus kecuali jangan di bawa ke tempat-tempat yang tidak memungkinkan. Jangan lupa untuk terus di "ulang-ulangi" soalnya kosa kata yang terlupakan berada di bawah alam sadar anda, jadi harus dipanggil, supaya dia "pulang" kan senang tuh kalau ketemu.

Try to looking for foreign friends 

Ini juga hal yang sangat penting agar anda terbiasa dengan susunan kalimat mereka, sehingga bahasanya menjadi natural. Kalau tidak punya teman bule, yang lokal juga boleh atau anda cari teman bule di situs jejaring pertemanan, seperti facebok, millatfecebook, friendster dan lain-lain. INGAT tidak boleh malu dalam speaking salah benar katakan saja. 

Sering-sering menjelajahi situs-situs yang nuansanya kental inggris, khususnya dari luar negeri.

Download video yang berbahasa inggris baik itu yang ada teksnya atau pun tidak ada, ini untuk melatih pronunciation dan listening kita 

Setelah anda merasa mantap, maka ciptakanlah sebuah artikel yang berbahasa inggris dan publikasikan ke dunia

Dan yang terakhir adalah anda harus melakukannya secara continue

Jika anda di dera rasa malas itu artinya syetan mulai melancarkan serangan-serangan mematikannya maka harus di lawan, dan bersabarlah dalam menuntut ilmu

Segala sesuatu yang terjadi karena Allah Subhanahu wata'ala dan hanya kepadaNya kita memohon kemudahan dalam menghafal.

The point of this topic is study, without study you won't be successful

Well I think those my tips for all of you hoping it's benefit and
don't give up before you try it. 
thank u very much miss
i've gotten a new lesson to develop my english ability
ur welcome, actually there a lot method u can apply, but this based on my experiences. recently i got new method, possible to u read a lot english article and then u use it in daily life, its seem easy then u memorize. but depend of u, which one is easier.
I wanna speak in english in my daily life but im too shy and afraid because im not sure if my english is really good or not in spoken. How do you think?
see it, ur writen is good, its mean u are good ^^ remember there is no perfection in the world, a lot of people outside also have lack, neither u nor me. So do not afraid speak to anybody. u make mistake or not, keep going on. "an expert is not going to be an expert without making mistake"