Laman

Bekal Mengisi Masa Haidh

0 komentar

Memperbanyak dzikrullah dalam setiap keadaan

Dzikurullah termasuk ibadah yang agung kedudukannya di sisi Allah, dan Allah menjanjikan pahala yang sangat besar bagi siapa saja yang mengamalkannya. Dzikir menjadi penutup bagi kekurangan dalam berbagai ibadah. Sebagai penutup kekurangan dalam shalat malam dan puasa siang hari. Dzikir merupakan amalan yang sangat agung untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan termasuk amalan yang menjadikan seorang muslim senantiasa bersama Allah.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا 


"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang." (QS. Al-Ahzab 41-42)


Di bawah ini beberapa bentuk dzikir yang mahsyur :

Subhanallah, Alhamdulillah, laa ilaha ilallah, Allahu Akbar



Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam bersabda :

"Aku mengucapkan "Subhanallah, alhamdulillah, laa ilaha ilallah allahu akbar, lebih aku sukai daripada terbitnya matahari." (HR. Muslim)

Laa Haula Wala Quwwata Illabillah

Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam bersabda :

"Maukah engkau aku tunjukkan perbendaharaan dari perbendaharaan jannah?" Ucapkanlah : Laa haula wala quwwata illabillah." (HR. Bukhari)

Subhanallah wa Bihamdihi Subhanallahil Azhim

Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam:

"Dua kalimat yang ringan diucapkan namun berat timbangan dan dicintai oleh Ar-Rahman: Subhanallah wabihamdihi subhanallahil azhim." (HR Bukhari)

Alhamdulillah dan Subhanallah wal Hamdulillah

Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam bersabda :

"Kebersihan adalah setengah dari iman, ucapkanlah alhamdulillah memenuhi timbangan. Dan ucapan subhanallah wa bihamdihi memenuhi antara langit dan bumi.." (HR Muslim)

Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap umat islam

Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam bersabda :

"Barangsiapa yang Allah menghendaki kebaikan pada dirinya maka Allah akan memberinya pemahaman dalam agama." (HR. Muslim)

Sebenarnya banyak wasilah yang bisa kita tempuh dalam menambah wawasan keilmuan kita diantaranya banyak membaca buku, menonton ceramah dan hal yang tidak kalah penting mengikuti majelis. 

Doa 

Doa adalah senjata dari kaum mukminin, hampir seluruh aktivitas hidup seorang muslim tidak lepas dari doa. Mintalah kebahagiaan dunia dan akhirat, memohon keistiqomahan di atas agama ini, karena hati senantiasa di bolak-balikkan. Maka memohonlah kepada Allah supaya meneguhkan hati kita di atas kebenaran dan ketaatan. 

Diriwayatkan dari Syahr bin Hausyab, ia berkata : "Aku bertanya kepada ummu Salamah : "Ya Ummu Salamah doa apa yang paling sering diucapkan oleh Rasulullah ketika beliau berada di rumahmu?" Ummu salamah berkata : "Doa yang paling sering beliau baca adalah : 

"Yaa muqallibal quluub tsabbit qalbi 'ala diinika (Wahai dzat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agamaMu)." (HR Ar-Tirmidzi)

Muraja'ah (Mengulang-Ulang) Hafalan Al-qur'an atau Hadits

Bisa dibayangkan apabila masa haidh sekitar 7 hari atau lebih tanpa muraja'ah hafalan, kemungkinan beberapa ayat telah terlupakan, sangat di sayangkan jika hafalan tersebut hilang sia-sia yang telah dihafalkan dengan susah payah harus lenyap, Maka dari itu luangkanlah waktu untuk muraja'ah-lah hafalan Al-Qur'an dan Hadits.

Rasulullah Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam :

"Ulang-ulangilah Al-Qur'an,demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, ia lebih cepat pergi dari hati seseorang dari pada unta yang lepas dari ikatannya." (HR. Al-Bukhri)

Maraji"

Wanita Haid tak Luput Pahala oleh Abu Ihsan Al-Atsari
Hisnul Muslim