Laman

Adab-Adab Minum

0 komentar

a. Sunnah Minum Dengan 3 Kali Tegukan

Disunnahkan minum dengan tiga kali tegukan disertai dengan membaca Basmalah. Hal itu sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam

Dari Anas Radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam biasanya bernafas tiga kali dalam minum." (Muttafaqun 'alaih)

b. Jangan Bernafas Dalam Minuman

"Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alahi Wasallam melarang bernafas atau meniup ke dalam minuman." (HR At-tirmidzi, menurutnya hadits ini hasan shahih)

“Apabila salah seorang di antara kalian minum maka janganlah ia bernafas di dalam gelas, akan tetapi hendaklah ia menjauhkan tempat minumnya dari mulutnya.” (HR. Ibnu Majah, shahih dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu)

c. Hendaklah Tidak Minum Sambil Berdiri

“Sungguh janganlah salah seorang dari kamu minum sambil berdiri.” (HR. Imam Muslim) 

"Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bahwa sesungguhnya beliau melihat seorang lelaki minum dengan berdiri. Kemudian beliau bersabda kepadanya, “Muntahkanlah!” Orang itu bertanya, “Mengapa?” Beliau bersabda “Apakah kamu suka jika minum bersama dengan kucing?” Orang lelaki itu menjawab “Tidak” Beliau bersabda lagi “Sesungguhnya telah minum bersamamu sesuatu yang lebih buruk dari itu, yaitu syaitan!” (HR. Imam Ahmad) 

Sumber : Majalah islam lupa nama :D