Laman

Berpakaian menuai pahala

0 komentar

Setiap orang pasti menginginkan di dalam hidupnya penuh dengan nilai-nilai ibadah dan berharap menuai pahala. Ibadah tidak terbatas pada zakat, puasa, sholat dan sebagainya, namun seluruh hal-hal yang baik bisa mendatangkan pahala. Termasuk juga dalam berpakaian, maka di bawah ini beberapa sunnah atau yang pernah dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu 'alahi Wasallam.

Mengucapkan bismillah di saat mengenakan dan melepaskan pakaian

Imam an-Nawawi berkata :" Mengucapkan bismillah adalah sangat dianjurkan dalam seluruh perbuatan"

Dan dilanjutkan dengan membaca doa mengenakan pakaian


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلا قُوَّةٍ

"Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki daripadaNya tanpa daya dan kekuatan dariku" (HR. Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Majah, lihat Irwaa`ul Ghaliil 7/47)

Jika akhi wa ukhti mengenakan pakaian baru maka doanya adalah



اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ
“Ya Allah, segala puji hanya untuk-Mu. Engkau telah memakaikan pakaian ini kepadaku. Aku meminta kepada-Mu akan kebaikannya dan kebaikan yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang dibuat untuknya.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Al-Baghawiy, lihat Mukhtashar Syamaa`il At-Tirmidziy karya Asy-Syaikh Al-Albaniy hal.47)

Hendaklah dalam mengenakan pakaian di dahulukan yang kanan dan melepaskannya dari bagian kiri

"Kalau kalian mengenakan sesuatu maka mulailah dengan bagian yang kanan." (HR At-Tormidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah)

Bagi pria di sunnahkan memakai pakaian yang berwarna putih

“Kenakanlah pakaian yang berwarna putih, karena itu adalah sebaik-baik pakaian kalian dan jadikanlah kain berwarna putih sebagai kain kafan kalian.” (HR. Ahmad, Abu Daud dll, shahih)

Sedangkan perempuan yang berwarna gelap

Ummu Salamah-radhiyallahu ‘anha- berkata ketika turun firman Allah (yang artinya), “Hendaknya mereka (wanita-wanita beriman) mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” (QS al Ahzab/33:59)

wanita-wanita Anshar keluar seolah-olah pada kepala mereka terdapat burung-burung gagak karena warna (warna hitam) kain-kain (mereka). HR Abu Daud no 4101; dishahihkan oleh Syaikh al Albani.

Maraji'

Hisnul muslim Said bin Ali Wahf al-Qahthani
Dan berbagai situs