Laman

Menjaga Qolbu Untuk Muslimah

0 komentar


Tanaman butuh siraman seperti itu juga qolbu, sekuat apapun tanaman atau pohon tersebut, tidak akan pernah lepas dari ketergantungan air. Siraman terebut akan menjadi energi baru lalu dari energi tersebut pohon mengokohkan pijakan akar, meninggikan batang, memperbanyak cabang, menumbuhkan daun, dan hasilnya buah. Bagi orang-orang yang yakin ia seperti ladang yang harus dirawat dengan dzikir, hingga menjadi hijau segar dan akhirnya akan terus beriltizam.  

Rasulullah juga berkata perumpaan orang yang berdzikir kepada Rabbnya dan yang tidak seumpama orang hidup dan orang yang mati, tidak heran jika mendalami dan belajar tentang para sahabiyah yang mujahadahnya akan agama ini, banyak ditemui kekaguman, lalu munculnya keinginan dalam pribadi agar ingin seperti mereka. 

Ada sebuah syair 
Bukanlah semua perkara seseorang itu mudah seluruhnya
Hanya saja perkara itu ada yang mudah dan ada yang sulit
Berapa banyak mata menjadi sejuk karena kesedihan
Mentari yang begitu terik memanaskan mata
Mengapa mencari ketentraman di negeri melelahkan
Merugilah orang yang mencari sesuatu yang tak tercapai

"Agama ini kokoh dan kuat, masuklah dengan lunak dan jangan sampai timbul kejenuhan dalam beribadah kepada Rabbmu." (Al-Baihaqi)

Berada dalam jalan yang lurus memang butuh pengorbanan, tarbiyah rohani juga jasadiyah adalah jalur yang baik untuk keistiqomahan, termasuk berkumpul dengan para orang sholehpun salah satu asbab agar hasil mendidik terihat. 

"Fatasalullaha kamaalyaqiini watsabaata fiiddiin lanaa walikaffaatilmuslimin..."

"Allahummahdinii fiiman hadait wa ihdinii liahsaniil akhlaq.."