Laman

Fadhilah Menuntut Ilmu dan Majelis Ilmu

6 komentar

Keutamaan Penuntut Ilmu

1. Akan Diangkat Derajatnya Oleh Allah Subahanhu Wata’ala

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Mujadilah :11)

2. Memiliki Rasa Takut Kepada Allah Subhanahu Wata’ala

Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan je- nisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba- Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Ma- ha Pengampun. (QS. Al-Fatir : 28)

3. Dimudahkan ke Surga (Jannah)

“Barangsiapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim)

4. Lebih Mulia Dari Ahli Ibdah

Dari abu umaina al balili dia berkata disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam tentang dua orang, salah satu ahli ibadah dan yang lain thalibul ilmi maka bersabda Rasulullah : “Keutamaan orang yang menuntut ilmu di atas ahli ibadah seperti keutamaanku di atas orang yang paling rendah di antara kalian.” (HR, Tirmidzi)

Keutamaan Majelis Ilmu (Dzikir)

1. Diturunkan Rahmat, Ketentraman dan Oleh Allah Akan Disebut-Sebut Namanya di Hadapan Penghuni Langit

"Dan tidaklah sekelompok orang yang berkumpul di dalam rumah diantara rumah-rumah Allah, mereka membaca Al-Qur'an dan saling mengajarkan Al-Qur'an diantara mereka, kecuali Allah akan menurunkan kepada mereka rasa tentram dan melimpahi mereka dengan kasih sayang, para malaikat meliputi mereka, dan Allah akan menyebut-nyebut mereka dihadapan para penghuni langit." (HR. Ibnu Majah dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

2. Majelis Ilmu Merupakan Taman-Taman Surga

Dari anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam “jika kalian melewati taman-taman surge maka singgahlah” dan para sahabat bertanya “apa itu taman-taman surga ya Rasulullah ? beliau menjawab “ majelis dzikir” (HR. Tirmidzi)

Maraji'
Catatan Tarbiyahku

Subhanalloh, makasih sist infonya. dosen saya juga selalu menasehati seperti yang sudah di paparkan di atas :)
sama-sama ukhti fillah ^_^
Nice post 'Aisyah. Jazaakillah
tuntutlah ilmu sampai liang lahat

heheh jangan pernah berhenti menuntut ilmu

smangat...smangat :D
ternyata para blogger ngumpul disini ikutan yah... ^_^
hehehe boleh-boleh